breaking news New

Gunakan 10 Tips Ini untuk Menambah Karisma Anda

Pria Berkarisma Pria Berkarisma

Siapa sih yang tidak ingin dihargai? Tampaknya semua orang ingin dihargai dan dihormati. Bukan berarti keinginan dihormati itu gila hormat.

Karena sebenarnya sikap dihormati atau respect itu diperoleh hanya dari orang-orang yang bisa menghormati orang lain dan memiliki karismatik.

Banyak pria yang memiliki tampang biasa-biasa saja akan tetapi tingkah laku serta cara bicaranya selalu menarik perhatian. Hal ini membuat seseorang yang melihatnya selalu terpesona.

Seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini sering dianggap sebagai sosok berkarisma yang kuat. Memiliki kepribadian karismatik selalu menjadi dambaan setiap orang, khususnya kaum pria.

Bagaimana tidak, pasalnya memiliki kepribadian berkarisma selalu sukses menarik perhatian banyak orang, apalagi kaum hawa. Sebagian orang mengatakan bahwa memiliki kepribadian yang karismatik merupakan bawaan dari lahir, akan tetapi tahukah kalian kalau sebenarnya karisma itu bisa dipelajari dan dilatih?

Berikut ini kami rangkum dari berbagai sumber, 10 rahasia menjadi cowok berkarismatik yang diidolakan wanita:

1. Ucapkan Kata-Katamu dengan Bahasa Tubuh.

Hal yang paling dan esensial dalam berkomunikasi dengan orang lain, lebih besar porsinya terletak di komunikasi non-verbal. Karena kata-kata kasar yang disampaikan dengan nada halus dan sopan pun akan diterima dengan baik, dibandingkan kata sehari-hari yang diucapkan dengan bahasa tubuh dan nada tak sopan. Hal ini menunjukkan bahwa komunikasi non-verbal sangatlah penting, seperti halnya tersenyum, kontak mata, bahkan gerakan tubuh menunjukkan kamu orang yang menghargai lawan bicara. Dengan demikian kamu layak dihargai.

2. Gunakanlah Bahasa yang Tidak Mainstream.

Kata yang paling sering kamu gunakan saat mendengar lawan bicaramu tidak jauh dari kata “ow”, “iya”, “he’em” atau “tidak”. Memang ini bukan hal yang salah, tapi menggunakan bahasa yang bervariasi menunjukkan kamu orang yang responsif terhadap pembicaraan. Gunakan saja kata lain seperti “lucu ya”, “menarik sekali”, “luar biasa”, “kamu pasti sangat senang” dan lainnya. Hal tersebut membuatmu lebih berkarisma.

3. Ajukan Pertanyaan Berstandar ORCA

Dalam mengajukan pertanyaan dengan lawan bicara, ada istilah yang sudah dikenal orang-orang komunikasi yaitu pertanyaan ORCA (Origins, Reaction, Career & Aspirations).

  • Origins
  • Dari mana kamu berasal? Dari mana kamu tumbuh dewasa? Di mana tempatmu belajar saat SMA/Kuliah?

  • Recreation
  • Kegiatan apa yang akan dilakukan saat libur? Kegiatan apa yang disukai saat musim libur? Hobi apa yang sedang kamu miliki?

  • Career
  • Di mana kamu bekerja? Sudah berapa lama bekerja di tempat tersebut? Bagaimana sistem kerja di tempa kamu saat ini?

  • Aspirations
  • Rencana apa yang sedang kamu persiapkan? Apa passion yang kamu miliki untuk saat ini?

4. Jangan Terlalu Banyak Berbicara

Jadilah pendengar yang baik sebagai langkah awal menjadi orang yang karismatik. Itulah kenapa Tuhan menciptakan dua telinga dan satu mulut. Itu karena porsi kamu agar menjadi pendengar lebih besar dari bicara.

5. Kesampingkan Ego

Menonjolkan kepentingan pribadi merupakan perusak imej di mata banyak orang. Jagalah reputasi diri dengan lebih mengedepankan kepentingan bersama. Selain itu kamu juga perlu untuk rendah diri saat berargumentasi.

6. Belajar dari Orang Lain

Setiap orang yang kamu temui pasti mempunyai sisi unik. Pelajarilah keunikan setiap individu untuk memperkaya dalam bersosialisasi dengan orang lain. Selain itu, sifat seperti ini juga membuat kamu menghormati budaya yang belum kamu temui sebelumnya.

7. Selalu Berpikir Positif

Pikiran positif merupakan tameng yang selalu melindungi orang berkarisma tinggi. Saat suasana sedang kacau, orang karismatik mampu melihat hal-hal secara positif. Bahkan juga tidak merasa terpuruk secara berlebihan.

8. Tidak Suka Bergosip

Jika ingin memiliki karisma yang tinggi, hindarilah gosip. Jika kamu menemui orang-orang yang suka menebar isu yang tidak jelas, sebaiknya hindari topik tersebut. Tidak hanya menghindari gosip, orang berkarisma juga tidak suka membicarakan orang lain di belakang.

9. Good Story Teller

Inti dari orang yang berkarisma adalah mempunyai kemampuan skill bercerita yang baik. Mulai dari presentasi, cerita lucu, berita serius, atau hal-hal biasa. Orang berkarisma mampu memberikan pesona tersendiri terhadap audiens-nya.

10. Perhatikan Kata

Setiap kata yang keluar dari mulut selalu dijaga bagi orang yang berkarisma. Untuk meningkatkan kepercayaan diri, hindarilah kata-kata seperti ‘menurut saya’ atau ‘mungkin’. Selain itu, kamu juga harus hati-hati saat mengambil keputusan bersama.